Peluang mendirikan Rumah Sakit

20 Maret 2016.

Apakah bisa Perawat bisa membangun fasilitas pelayanan kesehatan?..Berapa milyar yang di perlukan untuk membangun Rumah sakit atau Klinik?

Ketika awal diskusi saya bersama ketua PPNI Jawa Tengah, pak Edy Wuryanto dalam chat, saya mencoba berdiskusi dengan beliau dan akhirnya di antara diskusi tersebut beliau menyampaikan pendapatnya yang singkat padat dan langsung bisa saya tangkap penjabarannya.
PELUANG MENDIRIKAN RS.

” Sampai dengan 2017, dibutuhkan koefesiensi jumlah RS type D per 1 juta penduduk 10-13 RS type D. Sementara banyak kabupaten yang jumlah fasyankesnya baru 5-6. Tentu jumlah ini masih sangat membuka peluang bagi pendirian RS.

Kalkulasi pendirian RS Kelas D, minimal 50 tempat tidur, luas bangunan minimal 2500M2, luas tanah minimal 3750 M2. Bangunan 2500 m2 sdh termasuk parkir. Jika kelas 3 nya diperbanyak, luas bangunan bisa dipersempit lagi sekitar 2000 m2. Dengan indek 2 jt/m2 berarti bangunan membutuhkan dana 4-5 Miliar. Alat-alat 2 Miliar, cadangan operasional 1 Miliar. Jadi total antara 7-8 Miliar. Kalau operasionalnya lancar 2,5 tahun modal sudah kembali ”

Saya baca bolak balik paragrap chat kami ini, dalam benak saya ” Pak Edy ini sudah sangat paham betul..so I will move faster..”..Pertanyaannya..bagaimana mengumpulkan dana sebesar itu jika nantinya Koperasi Perawat Indonesia akan di dirikan.

Perlu di catat : Koperasi adalah salah satu lembaga resmi yang bisa di gunakkan untuk menggalang dana secara gotong royong dan di lindungi hukum…karena jika menggalang dana tanpa suatu lembaga legal maka akan melanggar dan akan kena oleh OJK.

Sekarang atau nanti?…semua sama sajakan? lebih cepat lebih baik!!!!
‪#‎koperasiperawat‬
Koperasi Perawat
Koperasi Perawat Indonesia

Di tulis oleh : Nurudin

Leave a Reply