Kementerian Koperasi dan UKM Berikan Akta Pendirian Koperasi Gratis

SeputarUKM,

Jakarta—Kementerian Koperasi dan UKM sudah memberikan fasilitas pembuatan akta pendirian koperasi secara gratis kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM, Setyo Heryanto. Fasilitas tadi, kata Setyo, diberikan kepada kelompok usaha binaan instansi maupun kelompok usaha bersama yang ingin melegalkan koperasi mereka.

Menurut Setyo, mekanisme pembuatan akta pendirian koperasi, yakni para pengusaha mikro harus melakukan rapat pendirian koperasi terlebih dahulu. Kemudian hasilnya diserahkan kepada notaris.

“Setelah dibuat akta koperasi di Dinas Koperasi yang kemudian disahkan oleh wali kota atau bupati setempat. Lalu, diajukan permohonan pembayaran ke Kemenkop, dalam hal ini ke Deputi Kelembagaan,” kata Setyo saat jumpa wartawan di kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Jumat (4/9).

Setyo mengatakan, Kementerian Koperasi dan UKM sendiri menargetkan pembuatan akta pendirian koperasi gratis sebanyak 5 ribu. Jumlah anggaran yang diberikan kementerian sendiri sebesar Rp 2,5 juta satu akta pendirian.

Untuk menjalankan program ini, kementerian telah melakukan sosialisasi kepada notaris, Dinas Koperasi dan UKM, serta kelompok usaha. Koperasi yang telah berdiri dan memanfaatkan program ini sebanyak 179 koperasi (SUKM/RA).

Sumber : Seputar UKM

Leave a Reply