FAQ

faq

Question :

Apa itu Koperasi Perawat Nasional Indonesia?

Answer :
Koperasi Perawat Nasional Indonesia (KPNI) adalah sebuah badan usaha yang berbentuk Koperasi yang resmi berdiri pada MUNAS KPNI pada 15 Mei 2016 di CJNC Ungaran – Jawa Tengah. KPNI beranggotakan Perawat Indonesia seluruh Nusantara. KPNI berdiri sesuai dengan Undang Undang No.25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

 

Question :

Bagaimana AD/ART KPNI?

Answer :

AD/ART Koperasi Perawat Nasional Indonesia bisa diakses melalui AD/ART KPNI

 

Question :
Siapa saja yang bisa menjadi anggota KPNI?

Answer :
Semua Perawat Indonesia bisa menjadi anggota KPNI, sesuai yang tercantum dalam AD/ART.

 

Question :
Siapa saja yang bisa menjadi Pengurus KPNI?

Answer :
Semua anggota Koperasi Perawat Indonesia mempunyai hak untuk mengajukan, di ajukan dan di pilih menjadi pengurus sesuai dengan AD/ART Koperasi Perawat Indonesia.

 

Question :
Berapa besaran SIMPANAN POKOK (Simpok) dan SIMPANAN WAJIB (Simwa) anggota KPNI?

Answer:

Simpanan Pokok dibayarkan sekali saat mendaftar sebagai anggota KPNI sebesar 300.000 Rupiah. Simpanan Wajib dibayarkan sebulan sekali atau beberapa bulan sekaligus dengan besaran 100.000 Rupiah/bulan.

 

Question :

Apakah uang saya aman di KPNI?

Answer :

Program KPNI adalah untuk mengumpulkan dana dalam rangka merealisasikan rencana pembangunan Rumah Sakit atau Klinik atau dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) lainnya. Oleh karena itu dana KPNI akan disimpan dalam jangka waktu tertentu dan khusus akan digunakan dalam pembangunan fasyankes ketika dananya sudah mencukupi.

Misalnya: Untuk membangun Rumah Sakit diperlukan dana sekitar minimal 7 Miliar maka dana KPNI tidak akan digunakan sebelum memenuhi biaya pembangunan Rumah Sakit tersebut dan semuanya berdasarkan kesepakatan anggota, dana tidak bisa dicairkan tanpa ada persetujuan dari anggota sesuai jangka waktu yang telah disepakati.

Misalnya anggota sepakat bahwa selama 3 tahun dana tidak akan dicairkan dan pengurus harus membuat perjanjian dengan pihak bank agar dananya tidak bisa dicairkan atau diblokir.

 

Question :

Apakah saya bisa menjadi Investor?

Answer : 

Untuk membangun sebuah fasyankes diperlukan dana yang besar. Sebagai dana tambahan akan ada DANA PENYERTAAN yang jumlahnya sesuai kesepakatan anggota KPNI, dengan tidak menutup kemungkinan adanya investasi dari rekanan KPNI.

 

Question :

Apa keuntungan bergabung bersama KPNI?

Answer : 

Keuntungan menjadi anggota KPNI diantaranya: memperluas networking, meningkatkan pengetahuan di bidang enterpreneurship, membuka kesempatan bekerjasama dengan sesama anggota KPNI, pihak ketiga atau kerjasama dengan profesi yang lainnya.

 

Question :

Apakah kelebihan program KPNI?

Answer :

Kelebihan KPNI diantaranya dalah :

  1. Tidak ada pinjaman, semua dana dalam bentuk simpanan.
  2. Saham kepemilikan bisa diwariskan.
  3. Bagi Perawat yang menjadi anggota akan diberikan priotitas utama untuk bisa bekerja di fasyankes yang akan dibangun oleh KPNI.
  4. Perawat yang akan menjadi anggota sekaligus akan menjadi pengguna, karyawan dan serta pemilik fasilitas pelayanan kesehatan yang akan dibangun dan dijalankan oleh KPNI.

Jika ada pertanyaan-pertanyaan mengenai KPNI, silahkan untuk bergabung di grup KPNI atau kirimkan pertanyaan anda ke email: info@koperasiperawat.com atau koperasiperawat@gmail.com.

Terima Kasih